Jumat, 15 Juni 2012

Nmap/Wireshark Sebagai Packet Sniffing Jaringan.


Probing merupakan suatu usaha untuk memperoleh informasi tentang suatu sistem tertentu. Salah satu contohnya adalah usaha untuk login ke dalam sebuah account yang tidak digunakan. Probing ini dapat dianalogikan sebagai usaha untuk memasuki sebuah ruangan yang dengan mencoba-coba apakah pintunya terkunci atau tidak. Salah satu probing adalah melakukan scanning dengan menggunakan tool agar dapat mengetahui port-port yang terbuka pada host lokal maupun host remote, IP Address yang aktif, bahkan unutk mengetahui sistem operasi yang digunakan. salah satu contoh tool scanner adalah NMAP (Network Mapper).

Nmap (Network Mapper) adalah sebuah program open source yang berguna untuk mengesksplorasi jaringan.Program Nmap dapat diperoleh secara gratis dengan cara mendownloadnya ada situs www.Nmap.org. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dimana cukup memasukkan IP Address pada kolom target kemudian memilih perintah yang diinginkan pada kolom profile.
Sniffing adalah pekerjaan menyadap paket data yang lalu-lalang di sebuah jaringan. Paket data ini bisa berisi informasi mengenai apa saja, baik itu username, apa yang dilakukan pengguna melalui jaringan, termasuk mengidentifikasi komputer yang terinfeksi virus, sekaligus melihat apa yang membuat komputer menjadi lambat dalam jaringan. Bisa juga untuk menganalisa apa yang menyebabkan jaringan macet. Jadi bukan sekedar untuk kejahatan, karena semuanya tergantung penggunanya.

Istilah sniffing sering bermuncul dengan istilah probing untuk membedakannya. Probing adalah dilakukan untuk mengetahui servis dan data apa saja yang tersedia pada suatu sistem untuk melakukan serangan. Probing biasanya meninggalkan jejak di berkas log pada sistem. Dengan mengamati entry di dalam berkas log, dapat diketahui adanya probing dengan terpasangnya program yang memonitor.
Wireshark merupakan sebuah software sniffer freeware yang dapat didownload dengan mudah di www.wireshark.org. Walaupun termasuk kategori software gratis, software yang sebelumnya dinamakan Ethereal memiliki banyak fitur powerful yang tidak kalah dengan software sejenis. Program sniffer adalah program yang dapat digunakan apabila kita ingin ‘mengintip/mengendus/sniff’ sebuah jaringan, baik Ethernet maupun non-ethernet. Hanya saja, sehari-hari rasanya kita lebih sering berkutat dengan jaringan Ethernet.
Wireshark dapat diinstall di berbagai operating system, seperti Windows (32 bit atau 64 bit), OS X , Ubuntu,dsb. Penulis sendiri banyak memakai Wireshark pada Windows, dan pada saat proses instalasi, juga akan diinstal aplikasi WinPCap, yang merupakan driver-driver khusus yang akan dipakai pada Wireshark. Apabila kita tidak menginstall WinPCap, maka Wireshark tidak akan bisa berfungsi untuk capture packet melalui jaringan.
Penggunaan wireshark dalam aplikasi nyata, berikut contoh dari penggunaan wireshark
1.  buka program wireshark 

 
2. masuk pada Capture – Option atau menekan tombol Capture Interfaces.

3. Kemudian akan muncul tampilan window Capture Interfaces. Pilih Option pada Ethernet yang terpakai / yang tersambung dengan jaringan dalam kasus ini, Option pada 802.11 b+g Wireless LAN.


 
4. Pilih interface (network card) yang akan digunakan untuk mengcapture packet. Pilih salah satu yang benar. Dalam kasus ini saya menggunakan USB Wifi sebagai sambungan ke internet maka yang saya pilih adalah 802.11 b+g. Dan pastikan Capture packet in promecious dalam status ON.

 
5. Untuk menyimpan record yang tercapture, bisa mengaktifkan kolom File, pada bagian Capture File(s). Pilih tombol Start untuk memulai merecord packet data yang masuk.

1 komentar: