Senin, 18 Juni 2012

Chatting di Facebook, Waspadai Serangan Virus Baru.


Jika gemar bercakap-cakap melalui fitur chatting dalam Facebook? Hati-hati dengan persebaran virus komputer baru.

Perusahaan keamanan Internet Trend Micro mengumumkan pentingnya kewaspadaan setelah menengarai virus komputer baru menyebar melalui jendela chat di Facebook.

Jendela pop-up, digunakan untuk berbincang antar orang perorangan, muncul dengan pesan dari ``teman`` yang menghubungkan ke situs tertentu. Mengklik link situs itu akan berbuah virus yang menginfeksi PC, dengan label Steckt.Evl.

Menurut Trend Micro, virus ini langsung menonaktifkan dan menghapus anti-virus, kemudian menyebar dengan sendirinya dengan membuka jendela chatting di Facebook pengguna.

`Worm ini menyebar melalui aplikasi instant messaging dan situs jaringan sosial,`.Kata pakar keamanan Trend Micro yang menemukan ancaman baru. ``Pesan instan ini adalah link yang men-download salinan dari dirinya sendiri.`

Seperti banyak ancaman internet baru lainnya, hal pertama yang dilakukan worm adalah menonaktifkan program yang mungkin mendeteksi dan menghancurkannya. Setelah terhapus, akan  melanjutkan langkah dengan men-download perangkat lunak pada komputer yang sudah terinfeksi lebih lanjut.

`Ini mengakhiri proses atau jasa yang sebagian besar terkait dengan program anti-malware,` tulis Trend Micro.

Seperti ancaman lain, tujuannya adalah untuk ``mengontrol`` PC yang terinfeksi - baik untuk mencuri informasi sensitif seperti rincian bank atau menggunakan mesin sebagai bagian dari jaringan serangan cyber skala besar.


0 komentar:

Posting Komentar